Rilis Jawara

TERIMA KUNJUNGAN DIRJEN PERKEBUNAN KEMENTAN, KANG JIMAT BERHARAP POTENSI PERTANIAN DI SUBANG DAPAT DIMAKSIMALKAN

Bupati Subang, H. Ruhimat, terima kunjungan perwakilan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, di Rumah Dinas Bupati Subang, Senin (25/07/2022).

Kunjungan tersebuk dilaksanakan dalam rangka persiapan kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan persiapan Merdeka Perkebunan di Kabupaten Subang dalam rangkaian HUT Republik Indonesia ke-77.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat memberikan gambaran terkait kondisi zona dan potensi yang ada di Kabupaten Subang.
“Subang memiliki 3 lokasi areal, mulai dari pantai, dataran tempatnya lumbung padi nasional nomor 5, dan Pegunungan. Namun dari segala potensi yang ada masih banyak sia-sia.”

Kang Jimat menyampaikan kunjungan Perwakilan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian tersebut sangat tepat bagi perkembangan pertanian dan perkebunan di Kabupaten Subang.
“Ini adalah dayung bersambut. Mudah-mudahan kehadiran bapak ke Subang menjadi renungan untuk memanfaatkan potensi yang sesungguhnya demikian banyak.”

Kang Jimat berharap, dengan adanya pertemuan tersebut, lahan tidur yang ada di Kabupaten Subang dapat berubah menjadi lahan produktif.
“Areal Perhutani yang hanya jadi lahan tidur sebanyak 7 ribu hektare. Padahal apabila diolah bisa menjadi lahan pertanian atau kebun tanaman semusim yang mudah-mudahan bisa mendukung kebutuhan pangan di Indonesia.”

Menutup sambutannya, Kang Jimat menyampaikan keinginannya untuk dapat berkonsultasi langsung dengan Menteri Pertanian RI terkait lahan tidur di Kabupaten Subang.
“Mudah-mudahan saya punya kesempatan untuk berbicara dengan Menteri Pertanian terkait lahan tidur di Kabupaten Subang .”

Ir. Baginda Siagian M.Si, Direktur Perlindungan Perkebunan sekaligus plt Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan menyampaikan maksud kunjungan ini adalah untuk mempersiapkan lokasi Merdeka Perkebunan di Kabupaten.
“Pemaksimalan hasil perkebunan adalah untuk mengadapi krisis pangan yang diperkirakan akan terjadi dan krisis energi, dan mendukung program Merdeka Perkebunan salah satu lokasinya adalah Kabupaten Subang, dengan fokus pada tanaman tebu yang akan dilaksanaan sebelum HUT RI ke-77 mendatang.”

Terkait lahan tidur yang ada di Kabupaten Subang, Baginda menyarankan agar Kang Jimat menyampaikan langsung ke Menteri Pertanian RI untuk mendapatkan solusi.
“Bagaimana mengembangkan lahan tidur yang merupakan lahan Perhutani maupun PTPN, silakan disampaikan kepada Menteri Pertanian mudah-mudahan akan mendapatkan solusi.”

Baginda menambahkan, pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2022 akan dilaksanakan survey lokasi ke kebun tebu dan sereh wangi yang ada di Kabupaten Subang.

Selanjutnya, Ardi Praptono SP, M.Agr
Direktur Tanaman Semusim dan Rempah menyampaikan tebu dan sereh wangi adalah tanaman yang menjadi bagian dari Merdeka Perkebunan.
“Di dalamnya termasuk tebu dan sereh wangi. Ini adalah persiapan tebu bisa menjadi bagian dari Merdeka Perkebunan. Selain itu, program ini dilaksanakan terkait Pabrik Gula Subang yang sudah tidak aktif di 2019 akan diaktifkam kembali pada 2024 sehingga Kunjungan Menteri Pertanian menjadi momentum yang akan menyejahterakan petani.”

Hadir dalam pertemuan tersebut Jajaran Dirjer Perkebunan Kementerian Pertanian, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, dan tamu undangan lainnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button