Jawara Niaga

Terima Kunjungan Direktur Eksekutif Himpunan Kawasan Industri Indonesia, Kang Jimat Ingin Kawasan Industri Libatkan BUMD hingga BUMDes

Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan dari Direktur Eksekutif Himpunan Kawasan Industri Indonesia, di Ruang Rapat Segitiga, Rabu (13/07/2022).

Pertemuan tersebut dilaksanakan terkait rencana pembangunan kawasan industri di Kabupaten Subang yang rencananya akan dibangun di dua desa yaitu Desa Marengmang Kecamatan Kalijati dan Desa Wanakerta di Kecamatan Purwadadi.

Direktur Eksekutif Himpunan Kawasan Industri Indonesia, Fahmi Shahab dalam kesempatan tersebut menyampaikan tujuannya datang ke Subang adalah untuk membangun kawasan industri di Kabupaten Subang.
“Kami akan mendorong kawasan industri dibangun di Kabupaten Subang karena di Jawa Barat proporsi industri masih terlalu jauh. Nantinya apabila sudah terbanguan, akan terjadi pemerataan industrialisasi.”

Fahmi menambahkan Subang merupakan lokasi yang sangat strategis untuk dibangun kawasan industri terlebih dengan adanya Pelabuhan Patimban.
“Subang ini lokasi paling strategis untuk dijadikan kawasan industri.”

Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan menyatakan pihaknya siap mendukung proses pembangunan kawasan industri di Kabupaten Subang.
“Pemerintah Daerah Kabupaten Subang siap mendukung kelancaran dalam memulai langkah membuka kawasan industri di Kabupaten Subang.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat sengaja mengundang BUMD yang ada di Kabupaten Subang untuk bersilaturahmi dengan Himpunan Kawasan Industri Indonesia agar BUMD Subang tidak hanya menjadi penonton dalam proses pembangunan kawasan industri maupun saat kawasan industri sudah terbangun.
“Saya ingin mengenalkan untuk dapat silaturahmi dengan BUMD Subang. Dalam koridor profesional saya mohon hire atau dikontrak BUMD yang ada di Subang.”

Kang Jimat menjelaskan, dengan dilibatkannya BUMD dalam kawasan industri, akan membuka kesempatan bagi Badan Usaha Milik Desa yang nantinya akan menjaga stabilitas kawasan industri.
“Sebagai contoh pengelolaan limbah industri, tidak mungkin limbah dibawa ke Jakarta. Silakan bekerja sama dengan BUMD kami yang nantinya akan mengajak Bumdes. Dengan pola seperti ini, gejolak perusahaan kawasan industri dapat diredam BUMD subcont nya Bumdes dan warga setempat.” Pungkas Kang Jimat.

Selanjutnya, seluruh kepala OPD yang hadir menyatakan siap bersinergi dan mendukung kelancaran pembangunan kawasan industri di Kabupaten Subang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala DPMPTSP, Kepala Dinas Pertanian,Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, dan Perwakilan Dinas PUPR Subang, BUMD Subang, dan jajaran Himpunan Kawasan Industri Indonesia.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button