Jawara Raga

TEMUI PEGIAT THALASEMIA, KANG JIMAT AJAK SEMUA PIHAK GUNAKAN HATI UNTUK PEDULI

Bupati Subang, H. Ruhimat, menerima kunjungan dari Yayasan Thalasemia, Pengurus POPTI Subang, dan POPTI Bekasi, di Ruang Rapat Segitiga, Senin (11/07/2022).

Yayasan thalasemia dan Popti adalah yayasan maupun perhimpunan yang fokus pada penanganan dan megusahakan perbaikan pelayanan penyandang thalasemia.

dr. Rana, ketua Yayasan Thalasemia menyampaikan berkat kerja sama semua pihak, stok darah untuk penyandang thalasemia dapat terus tersedia.
“Alhamdulillah stok darah dapat terus tersedia karena sinergi dari banyak pihak. Hingga saat ini jumlah penderita Thalasemia di Subang mencapai 150 orang.”

Kang Jimat dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada pengurus Yayasan Thalasemia dan POPTI yang memiliki kepedulian terhadap kebutuhan penyandang thalasemia.
“Pemerintah hanya berperan sedikit dalam penanganan Thalasemia. Saya atas nama pribadi maupun pemerintah, terus terang belum maksimal memberikan pelayanan penderita Thalasemia. Bapak ibu inilah sesungguhnya yang memiliki peran paling besar dalam peningkatan pelayanan penyandang thalasemia.”

Kang Jimat menuturkan, di tengah keterbatasan anggaran Pemerintah, dirinya tetap berusaha memberikan kepedulian kepada mereka yang membutuhkan khususnya ODGJ.
“Semampunya saya coba maksimalkan meskipun belum ada yayasan di Subang, dan
Pemerintah belum mampu mendirikan RSJ, saya terketuk hatinya untuk membina 104 ODGJ di kampung halaman saya. Sama halnya dengan yayasan thalasemia yang berpikir bersyukur bukan kita yang diobati, lebih kita bantu mengobati.”

Kang Jimat mengaku kagum dengan pengurus yayasan thalasemia dan pengurus POPTI.
“Saya kagum karena masih banyak manusia yang memiliki hati yang peduli. Terkait kebutuhan darah, kami ambil langkah apabila darurat, kami wajibkan setiap OPD untuk melakukan donor darah.”

Sumita, perwakilan yayasan thalasemia menghaturkan terima kasih atas sambutan dari Kang Jimat dan memohon dukungan terkait akan diadakannya forum silaturahmi yayasan thalasemia se Jawa Barat di Kabupaten Subang.
“Saya sampaikan terima kasih atas sambutan Kang Jimat. Saya bersama rekan-rekan memiliki tujuan yaitu kami ingin mengadakan forum silaturahmi yayasan thalasemia se Jawa Barat yang akan membahas penerapan sistem pelayanan di Rumah Sakit karena perbedaan pelayanan di berbagai Kabupaten.”

Selanjutnya, Puspasari, Ketua POPTI Bekasi mengaku kagum dan bangga dapat bertemu dan duduk berdiskusi dengan seorang pemimpin daerah.
“Kepala daerah yang benar-benar mendukung. Ini motivasi bagi saya untuk mendorong Pemerintah di Kabupaten kami sendiri.”

Menurut Puspasari, permasalahan thalasemia terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat terkait penyakit tahalsemia.
“Karena masyarakat belum paham tahalsemia sehinnga dari seluruh Indonesia, 40% penyandang thalasemia dari Jawa Barat. Saya berharap forum silaturahmi besok dapat menjadi bibit menuju Jawa Barat bebas thalasemia.”

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Pengurus POPTI Subang, dan Wakil Direktur RSUD Subang.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button