Jawara Daya

RESMIKAN GEDUNG BARU YOS SUDARSO, KANG JIMAT SEBUT PEMBANGUNAN GEDUNG SEKOLAH ADALAH PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA

Bupati Subang, H. Ruhimat hadir dalam Peresmian Gedung TK-SD Yos Sudarso, di Gedung Baru Yos Sudarso, Rabu (13/07/2022).

Gedung TK-SD Yos Sudarso yang baru selesai dibangun ini adalah pengganti gedung lama yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani Subang dan pindah ke lokasi baru di belakang Bapenda Subang.

Ketua Yayasan Salib Suci, Pastur Leo Van Bourden, O.S.C, dalam kesempatan tersebut menyampaikan saat ini Subang sedang dalam perkembangan yang luar biasa.
“Subang itu luar biasa. Akan ada smart metropolittan, sudah ada pelabuhan Internasional yang semuanya itu Inovasi yang luar biasa.”

Pastur Leo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan mengingatkan proses pendidikan yang berkarakter lebih penting daripada gedung yang megah.
“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak. Gedung tidak penting, yang penting isinya. Anak-anaknya. Saya ingin beritahukan bahwa kami berusaha menjadikan humaniora menjadi dasar pendidikan. Memanusiakan anak-anak didik kami. Bukan hanya otak, kami juga mendidik hati anak-anak kami. Fokus pada karakter, leadership, tanggung jawab, minimal menjadi pemimpin bagi dirinya, baru kemudian leader untuk orang lain, dan bertanggung jawab bagi lingkungan.”

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Tatang Komara, S.Pd., M.Si menyampaikan rasa syukur atas berdirinya gedung TK-SD
Yos Sudarso yang baru.
“Berdirinya gedung baru ini menandakan Yos Sudarso sangat peduli keselamatan peserta didik. Sekolah Yos Sudarso Sudah berdiri lama di Kabupaten Subang, dan telah melahirkan banyak orang-orang hebat.”

Tatang menambahkan, Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendirian dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Subang.
“Kehadiran sekolah dan yayasan di Kabupaten Subang dari SD hingga SMP sangat berkontribusi besar bagi peningkatan mutu pendidikan. Terima kasih yang tiada terhingga kepada Yayasan Salib Suci karena tidak hanya sekolah negeri, tetapi sekolah swasta juga memiliki peran dan kontribusi yang besar.”

Terkait kurikulum di Yayasan Yos Sudarso, Tatang mengaku sepakat saat ini fokus pendidikan tidak hanya pada transfer pengetahuan, tetapi peningkatan sof skill dan menyatakan siap berkolaborasi dalam mewujudkan generasi penerus yang berkualitas.
“Kita sepakat di kurikulum merdeka tidak hanya mengasah kognitif, tidak hanya pengetahuan, tetapi humaniora. Bagaimana membangun karakter dan soft skill. Ada yang tidak bisa digantikan teknologi, bagaimana membentuk soft skill anak didik. Kami siap berkolaborasi dalam membangun generasi muda di Kabupaten Subang.”

Sementata itu, Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apa yang dilakukan oleh Yayasan Yos Sudarso sebagai bentuk gotong royong.
“Ini adalah bentuk gotong royong untuk mendidik anak-anak generasi penerus.
Terima kasih kepada yayasan, tenaga pengajar, dan seluruh pihak yang terus berupaya menransfer pendidikan.”

Kang Jimat menambahkan pembangunan gedung sekolah adalah bagian dari membangun manusia.
“Keberadaan gedung sekolah adalah bagian dari pembangunan sumber daya manusia yang akan memebri motivasi bagi anak-anak. Akan timbul semangat baru, tekad baru, komitmen baru, untuk terus membangun dan mengenbangkan sumber daya manusia yang berkarakter.”

Kang Jimat menekankan pengembangan kualitas generasi penerus tidak hanya bisa dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan mengapresiasi keberadaan Sekolah Yos Sudarso di Kabupaten Subang.
“Kami akui, Pemerintah Daerah belum maksimal dalam membangun kebutuhan dasar pendidikan di Kabupaten Subang. Apresiasi dari saya, mudah-mudahan mampu menciptakan generasi penerus yang tidak ketinggalan demi menyongsong hari esok subang dan hari esok dunia. Mari bergandengan tangan menuju hari esok Subang lebih baik.”

Menutup sambutannya, Kang Jimat meresmikan gedung baru TK-SD Yos Sudarso dengan prosesi memukul gong, dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti pembangunan gedung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Subang, Uskup Keuskupan Bandung, Ketua Paroki Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kapolsek Subang, Camat Subang, Lurah Soklat, dan tamu undangan lainnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button