Jawara Niaga

RAKOR & EVALUASI BUMD, KANG JIMAT : BUMD SAAT INI BUKAN BUMD JADUL

Bupati Subang H. Ruhimat bersama Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, menghadiri agenda “Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja BUMD semester 1 tahun 2022”, bertempat di Hotel Delonix Hotel, Karawang. Jumat, 15 Juli 2022.

Pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi BUMD tersebut, hadir seluruh pimpinan dari BUMD Subang seperti PT. Subang Sejahtera, PT. BPRKU, PT. Bank Subang, PDAM Tirta Rangga, dan PT. Subang Energi Abadi.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Subang H. Nurudin, S.Sos., M.Si dalam laporannya menyampaikan maksud diadakannya rakor dan evaluasi hari ini, yaitu :

  1. Meningkatkan silaturahmi dan konsolidasi serta sinergitas antara BUMD dengan pemegang saham dalam hal ini Bupati Subang.
  2. Untuk mengetahui sejauh mana program yang telah dicapai pada semester 1 Tahun 2022
  3. Untuk mengetahui sejauh mana direksi dalam menjalankan tugas dan fungsinya apabila sesuai dengan rencana kerja tahunan begitu juga dengan pengawas dan dewan komisaris.
  4. Untuk mengetahui sejauh mana kinerja dewan pengawas dan komisaris menjalankan tugas pengendalian intern terhadap BUMD.
  5. Sejauh mana asas efektif efisien serta SOP yang dilaksanakan oleh Dewas ataupun komisaris untuk mengetahui BUMD apa pada permasalahan atau tidak
  6. Untuk mengetahui pencapaian target dan Realisasi kontribusi PAD dan kepatuhan terhadap RUPS dan RAP.

Dirinya pun berharap, dengan diadakannya Rakor dan evaluasi ini, BUMD dapat menggali potensi yang ada di Kabupaten Subang. “Harapan kami BUMD dapat berkiprah lebih dominan agar dapat mengolah secara maksimal potensi yang ada di Kabupaten Subang, apalagi saat ini masih banyak program-program pemerintah daerah maupun masyarakat yang bisa dikerjakan untuk menjadikan BUMD lebih berpotensi, maka mau tidak mau harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas BUMD.”

Selanjutnya, dalam sambutannya Ketua Forum BUMD Subang Boby Haerul menyampaikan bahwa Bupati Subang, Kang Jimat, telah memberikan ruang bagi BUMD untuk berinovasi. Dirinya juga mengatakan bahwa BUMD saat ini berkumpul dalam rangka Fastabiqul Khairat atau Berlomba-lomha dalam kebaikan. “Pak Bupati memberikan kesempatan ruang yang luar biasa, memberikan kebebasan kepada BUMD, untuk melakukan akselerasi, Inovasi, dan lain sebagainya. Tetapi Kami ingin menyampaikan satu hal, bahwa hari ini BUMD itu sedang berkumpul itu dalam rangka fastabiqul Khairat, atau berlomba-lomba dalam kebaikan. Insya Allah tiap bulan, kami sudah punya target untuk Pendapatan asli daerah masing-masing, yang semuanya sudah ditentukan.”

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya mengapresiasi seluruh BUMD di Kabupaten Subang, khususnya kepada ketua Forum BUMD, Boby yang telah menjalin sinergitas antar BUMD. “Terima kasih kepada semuanya saya percaya kepada seluruh direksi, kepada seluruh komisaris yang ada di BUMD, Terima kasih yang pertama tentunya untuk membuktikan bahwa BUMD saat ini bukan lagi BUMD yang jadul”

Selain itu, Kang Jimat yakin, BUMD akan satu arah dengan apa yang menjadi keinginan Kang Jimat untuk Subang yang lebih baik, serta yakin bahwa BUMD mampu menjalankan kiprah dan amanat untuk pembangunan di Kabupaten Subang. “Amanat yang diemban oleh bapak-bapak, kembali kepada pundak dan kiprah dari BUMD itu sendiri, yang jelas saya apresiasi kepada semua teman-teman direksi dan komisaris di seluruh jajaran BUMD se Kabupaten Subang, yang nampaknya sangat akan Satu Jiwa, satu arah, dengan apa yang menjadi Keinginan saya.”

Kang Jimat juga menyatakan bahwa BUMD bukan hanya bertugas untuk meningkatkan PAD di Kabupaten Subang, tapi juga memiliki tugas sosial yang harus di emban.

“Bukan hanya ditargetkan untuk meningkatkan PAD, namun di sisi lain, ada faktor sosial dan ekonomi. khususnya menyangkut faktor sosial, tentunya itupun harus menjadi salah satu pandangan, salah satu pemikiran, tapi tidak pula untuk dijadikan ‘Bancakan’. Mohon maaf, terkait hal itu, saya inginkan adanya rutinitas evaluasi setiap triwulan.”

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button