Rilis Jawara

Pesan Mimih Manfaatkan Perlombaan Bercerita dan Launching Simadu Maca, Demi Mengembangkan Kegemaran Membaca Anak.

Hj. Yoyoh selaku Bunda Literasi membuka kegiatan Lomba bercerita tingkat SD/MI Sekabupaten Subang Tahun 2022 dan Launching Aplikasi Simadu Maca (Sistem Membaca Digital Menuju Masyarakat Cerdas) bertempat di halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Subang. Kamis (28/7/22)

Kegiatan tersebut dalam rangka minat dan budaya baca anak dan Launching Aplikasi Simadu Maca (Sistem Membaca Digital Menuju Masyarakat Cerdas) menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun pendidikan dan karakter serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Subang Rahmat Fatharrahman menyampaikan laporan kegiatan sebanyak 30 peserta yang diundang dari 17 Kecamatan untuk mengikuti lomba bercerita tingkat SD/MI 2022.

Terkait perpustakaan, Rahmat menyebutkan tahun 2022 mengalami peningkatan pengunjung dari tahun sebelumnya sehingga pihaknya akan terus memperbarui segala aspek salah satunya yaitu pada tahun ini akan ada penambahan lebih dari 1000 eksemplar buku baru dengan berbagai judul.

Bunda Literasi Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat yang akrab disapa Mimih menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Disarpus beserta jajaran atas penyelenggaraan kegiatan tersebut serta launching inovasi Simadu Maca.

“Lomba ini merupakan salah satu upaya mengembangkan dan membudayakan kegemaran membaca anak,” lanjutnya.

Mimih menambahkan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, terdapat tiga unsur untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan kegemaran membaca salah satunya yaitu satuan pendidikan dengan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaran.

Mimih juga berpesan kepada peserta lomba untuk memanfaatkan perlombaan tersebut sebaik-baiknya. “Untuk pemenang, saya berharap agar lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba ke tingkat provinsi, jadilah peserta terbaik daerah,” pesan mimih.

Selain lomba bercerita tingkat SD/MI, terdapat launching aplikasi Simadu Maca (Sistem Membaca Digital Menuju Masyarakat Cerdas) secara simbolis oleh Bunda Literasi Kabupaten Subang.

Aplikasi tersebut merupakan inovasi yang dibuat oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Subang untuk memudahkan masyarakat dalam membaca dimanapun dan kapanpun.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan para peserta lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Subang 2022, selanjutnya Mimih didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Subang meninjau langsung ke ruangan buku BI corner perpustakaan Kabupaten Subang.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button