Rilis Jawara

PENANAMAN MANGROVE, KANG JIMAT : UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN

Setelah melaksanakan penanaman Mangrove di Desa Cilamaya Girang, Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Koperasi untuk Ketahanan Pangan, bertempat di KUD Mina Karya Baru, Desa Rawameneng, Kec. Blanakan. Minggu, 24 Juli 2022.

Kades Rawameneng, H. Yanto dalam sambutannya menyampaikan terkait Hari Mangrove Sedunia, dirinya beserta masyarakat berkomitmen untuk mempertahankan ekosistem pantai dengan menanam Mangrove.
“Kami dengan masyarakat sepakat untuk mempertahankan ekosistem, kami khawatir akan terjadi abrasi. Mangrove akan menjadi benteng.”

Ketua PWNU KH. Juhadi Muhammad membuka sambutannya menyampaikan harapan dengan hadirnya para pimpinan, akan menjadi keberkahan bagi semua.
“Mudah mudahan dengan hadirnya pejabat tinggi, acara yang dilaksanakan akan membawa keberkahan.”

KH. Juhadi juga mengajak semua pihak untuk selalu menjaga ekosistem dan dirinya akan siap mendukung dan menyambut baik program penanaman mangrove.
“Kita perlu mempertahankan ekosistem yang ada, kami sangat menyambut baik program penanaman mangrove ini, karena ekosistem harus kita jaga, harus kita rawat.”

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya memohon maaf karena baru bisa bersilaturahmi dengan warga Rawameneng. Selain itu, Kang Jimat juga menyampaikan permohonan maaf terkait Pembangunan yang kurang maksimal selama 2 tahun kebelakang. “kenapa itu terjadi, 2 tahun lebih, saya lebih mengutamakan bagaimana menyelamatkan nyawa manusia. Untuk itu, saya atas nama pemerintah daerah memohon maaf karena kondisi covid, adapun kedepannya, insha Allah, yang jelas saya tidak akan menyalah gunakan anggaran yang ada di Kabupaten.”

Namun, terkait pembangunan, ditengah keterbatasan, Kang Jimat selalu berusaha untuk membangun sebisa mungkin, terbukti dengan dibangunnya jalan di Cilamaya Girang sepanjang 2,2 KM yang kini telah di cor. “setahun yang lalu saya kesini, kondisi jalan masih awut awutan, Alhamdulillah tadi saya lewat sudah enak, sudah di cor.”

Terkait kegiatan penanaman Mangrove, Kang Jimat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam, sehingga iklim di bumi semakin membaik, dan meminta kepada para warga, untuk ikut serta menanam Mangrove. “Saya minta di atas tanggul (tambak), tolong di tanam mangrove supaya suasananya enak”

Untuk itu, Kang Jimat mengajak semua warga untuk bergotong royong untuk memulihkan keseimbangan alam dengan terus melakukan penanaman.
“Kami serahkan kepada bapak ibu semua, yuk kita sama sama menjaga bersama, tentunya itu (mangrove) akan besar manfaatnya bagi manusia.”

Selain itu, Kang Jimat juga menyampaikan bahwa untuk di Kawasan Pantai Utara, dirinya telah menganggarkan anggaran untuk normalisasi sungai, demi menghindari banjir yang kerap terjadi.
“Normalisasi sungai sudah saya anggarkan di setiap desa.”

Acara dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman serta saling berjabat tangan antara Kang Jimat beserta semua pimpinan sebagai bukti sinergitas untuk kelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Perwakilan DPD RI, Dirjen Kemendes PDTT, Danlanud Suryadharma, Dandim 0605 Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Kadis LH Subang, Kadis Pertanian, Ketua PC NU Subang, Camat Blanakan serta tamu undangan lainnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button