Jawara Raga

KOMITMEN CEGAH & TURUNKAN STUNTING, KANG JIMAT TERIMA PIAGAM KOMITMEN DARI BKKBN

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Rahmat Effendi, S.Sos., M.Si, mewakili Bupati Subang H. Ruhimat, menerima Piagam Pernyataan Komitmen Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan penurunan Stunting di Indonesia.

Penyerahan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan BKKBN Pusat bersama Kadis DP2KBP3A Subang, di Ruang Segitiga, Rumah Dinas Bupati. Rabu, 20 Juli 2022.

Kadis DP2KBP3A Subang menyampaikan bahwa Piagam tersebut diberikan kepada Kang Jimat atas dukungan Kang Jimat dalam kegiatan yang diselenggarakan BKKBN pada 12 Mei 2022, yaitu Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga yang dilaksanakan secara hybrid dengan peserta terbanyak sehingga mendapatkan rekor MURI. “Tim BKKBN menyampaikan terima kasih pada Pak Bupati dan pemerintah Kabupaten Subang yang sudah mendukung suksesnya acara apel tersebut.” Ucapnya.

Berikut isi dari Piagam Komitmen tersebut :
Dalam rangka pelaksanaan pendampingan keluarga sebagai upaya percepatan penurunan stunting di tingkat desa/kelurahan kami kepala daerah Kabupaten dan Kota menyatakan siap melaksanakan peraturan Presiden nomor 72/2021 tentang percepatan penurunan stunting, peraturan Kepala BKKBN nomor 12/2021 tentang rencana aksi nasional percepatan penurunan angka stunting Indonesia, dan peraturan perundang-undangan lainnya dalam upaya percepatan penurunan stunting (PPS), Yaitu :

  1. Mendukung tim pendamping keluarga dalam melaksanakan pendampingan keluarga beresiko stunting dengan menyediakan dukungan regulasi dan penganggaran PPS sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Memastikan terlaksananya konvergensi atau kolaborasi dalam rangka PPS
  3. Memanfaatkan data mikro keluarga yang tersedia untuk PPS
  4. Menggerakkan sumber daya yang ada seoptimal mungkin dalam PPS
  5. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka pencegahan stunting.

Demikian pernyataan komitmen ini kami sampaikan dengan sesungguhnya dan penuh kesadaran untuk berkolaborasi dan bersinergi bersama seluruh pihak dalam rangka menyiapkan generasi Indonesia emas tahun 2045.

Subang, 12 Mei 2022. Tertanda Bupati Subang H. Ruhimat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button