Rilis Jawara

Hari Kesatuan Gerak (HKG) – PKK Ke-50, Kang Jimat : “PKK adalah Mitra Strategis Pemerintah Daerah”.

Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Hari Kesatuan Gerak (HKG)-PKK Ke-50 tingkat Kabupaten Subang di Aula Pemda Subang, Senin 24 Juli 2022.

Acara dibuka dengan penampilan Sekoper Cinta yang juga diikuti dengan antusias oleh Kang Jimat, dilanjutkan dengan tarian kreasi Tiktok, dan penampilan paduan suara TP PKK Se-Kecamatan Subang yang membawakan lagu Subang Jawara, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dibacakan pula sejarah singkat TP PKK yang merupakan gerakan pembangunan masyarakat bermula dari Seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957, yang menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga. Kemudian ditindak lanjuti oleh Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan pada tahun 1961 yang menetapkan 10 Segi Kehidupan Keluarga sebagai Kurikulum Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang diajarkan di sekolah-sekolah oleh Pendidikan Masyarakat (PENMAS).

Wakil Ketua TP PKK Subang Ega Agustine Rosyadi menyampaikan sambutan dari ketua TP PKK Pusat, Ega Menuturkan Gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerja sama. Ega berpesan momentum Peringatan Hari gerak PKK dapat digunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program.
“Saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang, hal ini menjadi penting karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksanakan secara baik dan tepat sasaran, ketika itu semua dikelola oleh sisi manajemen kelembagaan yang juga baik.”

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba, serta penyerahan santunan untuk kaum dhuafa. Hadiah dan penghargaan yang diserahkah di antara nya adalah : Lomba Desa Pelaksana 10 Program PKK, Penyuluhan Ketua TP PKK Tingkat Desa, Lomba Desa/Kel Pelaksana Administrasi PKK, Lomba Kader Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Lomba Hatinya PKK, Lomba Kader Penyuluhan IVA Test, Lomba Dea Pelaksana Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan, serta lomba kreasi video Tiktok.

Kang Jimat menyampaikan ucapan selamat peringatan ke-50 tahun untuk TP PKK, serta mengapresiasi PKK Kabupaten Subang yang memberi banyak kontribusi bagi Pemkab Subang.

Selanjutnya, Kang Jimat mengingatkan terkait pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Subang, terlebih menghadapi peristiwa bonus demografi. Kang Jimat mengibaratkan PKK sebagai mesin sosial yang sangat ekstensif sampai ke satuan terkecil yaitu keluarga, memiliki korelasi yang erat untuk mewujudkan program tersebut.
“Perlu kerja keras dan kerja cerdas, untuk menciptakan generasi emas 2045 yang memiliki karakter unggul.” Tutur Kang Jimat.

Kang Jimat pun berharap PKK mampu berkontribusi meningkatkan semangat daya kreasi dan kreativitas dalam pemberdayaan keluarga.
“Harapan saya agar PKK dapat mempertahankan ruhnya sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga.” Ungkap Kang Jimat.

Kang Jimat juga mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Subang , juga di tingkat kecamatan dan desa yang telah menjadi mitra yang baik bagi pemerintah.
“Mari perkuat sinergi, terus berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks ini.” ajak Kang Jimat

Kang Jimat pun menginstruksikan kepada para kepala OPD dan pejabat struktural untuk berperan aktif dalam pengentasan stunting, dengan cara menjadi orang tua asuh serta memberi bantuan asupan gizi untuk anak-anak yang membutuhkan.
“Mohon maaf saya memaksa teman-teman terkait hal ini. Mudah-mudahan dengan demikian pengentasan stunting di Kabupaten Subang bisa cepat terselesaikan tidak ada lagi yang kena stunting.” Tegas Kang Jimat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ketua DWP, Ketua Organisasi Wanita, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Camat, dan Ketua serta Kader PKK Kecamatan Se-Kabupaten Subang.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button