Rilis Jawara

HARI ANAK NASIONAL 2022, UNTUK PERTAMA KALINYA SUBANG RAIH KABUPATEN LAYAK ANAK

Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022, bertempat di Aula Oman Syahroni, Pemda Subang. Senin, 25 Juli 2022.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Subang Dra. Nunung Suryani, M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Hari Anak Nasional diperingati sebagai wujud komitmen dalam memenuhi Hak Anak, yaitu Hak Hidup, Hak Tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi.

Dra. Nunung juga menyampaikan bahwa di Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022, Kabupaten Subang berhasil meraih predikat sebagai Kabupaten Layak Anak untuk pertama kalinya. “Alhamdulillah pada tahun ini kita sudah mendapatkannya Pak, dengan kategori Pratama. Ini Tentunya berkat support dari Pak Bupati, seluruh pimpinan daerah, Forkopimda, kemudian seluruh perangkat daerah, dunia usaha, media akademisi, para Camat, Kepala UPT, para petugas lapangan seluruh yang telah berkontribusi untuk didapatkannya apa kabupaten layak anak untuk Kabupaten Subang untuk pertama kalinya.”

Sementara itu, Wakil Bunda PAUD Forum Anak Kabupaten Subang Ega Agustine Rosyadi dalam sambutannya menyampaikan Hari Anak Nasional menjadi momen untuk menghormati dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, memberikan yang terbaik bagi anak-anak, menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan, serta menghargai pendapatnya.

Selain itu, berkaitan dengan peringatan Hari Anak Nasional tingkat kabupaten Subang Tahun 2022, Wakil Bunda PAUD menyampaikan bahwa tema yang dipilih yaitu “barudak bungah, Subang sumeringah”, memiliki makna bahwa meskipun masih dalam situasi pandemi, anak-anak tetap bisa menumbuhkan kebahagiaan dan kebanggaan sebagai anak bangsa yang memiliki hak untuk tetap berpartisipasi.

Kabid Perlindungan Anak DP3AKB Provinsi Jawa Barat Rumondang Rumapea, S.AP dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang kini dilaksanakan. Dirinya juga menyampaikan selamat atas diraihnya Predikat Kabupaten Layak Anak yang diterima oleh Kabupaten Subang di masa kepemimpinan Dra. Nunung dan Kang Jimat.
“Selamat kepada Subang, Di zaman Pak Bupati, di zaman Bu Nunung, akhirnya Subang menjadi kabupaten layak anak.”

Rumondang juga menyampaikan bahwa anak merupakan aset atau sumber daya yang sangat penting dan penentu kualitas sumber daya manusia Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional, Jawa Barat juga Subang. “oleh karena itu keberadaan mereka perlu dipersiapkan demi kelangsungan eksistensi bangsa dan negara kita di masa mendatang, agar setiap anak Indonesia kelak, dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa, maka setiap anak tanpa kecuali perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik, fisik, mental maupun sosial.”

Pada peringatan Hari Anak Nasional tersebut, turut diserahkan Piagam Penghargaan kepada lembaga, perusahaan dan tokoh yang telah berkontribusi terhadap diraihnya Predikat Subang sebagai Kabupaten Layak Anak. Serta penyerahan penghargaan kepada juara Festival Anak 2022.

Dalam sambutannya, di moment Hari Anak Nasional dan juga didapatnya predikat Kabupaten Layak Anak untuk Kabupaten Subang, Kang Jimat menghimbau seluruh pihak untuk selalu meningkatkan rasa sayang dan kepedulian kepada anak-anak.
“Mari kita sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap anak-anak kita yang ada di Kabupaten Subang khususnya. siapa yang mau memperhatikan mereka kalau bukan kita, saya inginkan semua orang tua di Kabupaten Subang mampu kiranya meningkatkan kepedulian jangan merasa bahwa itu bukan anak kandung kita.”

Kang Jimat juga menyatakan bahwa peringatan yang kini dilaksanakan, jangan hanya sekedar peringatan, tapi harus benar benar diresapi demi memenuhi hak anak.
“bukan sebuah basa-basi, di hari anak nasional yang tiap tahun dilaksanakan, saya menghimbau kepada semuanya dan saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Subang saya inginkan tingkatkan rasa deudeuh rasa sayang.”

Turut hadir pada agenda tersebut Ketua DPRD Kabupaten Subang, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Subang, Kepala Pengadilan Agama Subang, Kepala Lapas Subang, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, BUMN, BUMD dan Perusahaan lainnya serta Forum Anak Gotong Royong Subang

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button