TPP-KK

Harapan Bunda Literasi Kabupaten Subang pada Seminar Gebrakan Literasi Persiapan Society 5.0

Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat selaku Bunda Literasi Kabupaten Subang secara resmi membuka seminar ‘Gebrakan Literasi untuk Persiapan Society 5.0’ di Aula Kantor Desa Sukamandijaya Kecamatan Ciasem. Senin (18/7/22)

Kegiatan seminar tersebut merupakan atas kerjasama JBZ Kab. Subang, KKNT IPB, Patriot Desa Jawa Barat dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Subang.

Adapun dengan sasarannya masyarakat Umum, Kepala Sekolah, dan Penggiat Literasi wilayah di Kecamatan Ciasem.Hj. Yoyoh yang akrab disapa Mimih menyampaikan peran literasi sangat penting sebagai salah satu faktor utama meningkatkan kualitas mutu pendidikan seseorang.“Semakin kita memiliki wawasan dan kemampuan berfikir yang luas maka dengan sendirinya kita akan mampu untuk mengimbangi dan mengikuti perkembangan masa kini” Tutur Mimih.

Selanjutnya, Mimih menjelaskan Society 5.0 merupakan sebuah konsep yang mendefinisikan bahwa teknologi dan manusia akan hidup berdampingan dalam rangka meningkatkan kualitas taraf hidup manusia secara berkelanjutan. “Pemerintah mencanangkan pentingnya literasi sebuah kemampuan untuk mencari, memahami dan mengevualuasi secara kritis serta mengelola informasi menjadi sebuah pengetahuan yang bermanfaat untuk perkembangan kehidupan pribadi dan sosialnya.” Pungkas Mimih.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penjelasan materi seminar. Pembicara pertama yaitu Tian Sri Suryanti., S.Ap, M.Si selaku Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan yang Membahas tentang program-program Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Subang serta memperkenalkan Sistem Membaca Digital Menuju Masyarakat Cerdas (SIMADU MACA)Serta Pembicara Kedua pada Seminar ini adalah Dean Sismaulana Pratama selaku Ketua Taman Literasi yang merupakan ‘Local Hero’ yang bergerak di bidang literasi Desa Sukamandijaya, yang membahas tentang pergerakan dan aktivitas Taman Literasi, sekaligus memperkenalkan Taman Literasi Sukamandijaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button