Jawara Raga

SEKDA PIMPIN RAKOR SATGAS PENANGANAN COVID19 SECARA VIRTUAL

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si menggelar rapat koordinasi Satgas penanganan Covid-19 secara virtual dengan kecamatan se Kabupaten Subang, bertempat di ruang rapat segitiga, Jumat 18 Februari 2022.

Kondisi Kabupaten Subang sekarang berada di level 3, sehingga Bupati mengeluarkan surat edaran kembali tentang PPKM level 3 di Kabupaten Subang. Sekretaris Daerah dalam arahannya meminta satgas Covid-19 tingkat kecamatan agar dapat menghimbau kembali kepada masyarakat tentang kondisi Kabupaten Subang yang berada di PPKM level 3, dan meminta agar kecamatan dan puskesmasnya segera mendorong percepatan vaksinasi baik itu dosis 1, dosis 2 maupun vaksin booster.

Diharapkan dengan disiplinnya masyarakat untuk vaksinasi dan patuh protokol kesehatan dapat mengembalikan kondisi Kabupaten Subang ke level 2 ataupun level 1.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Maxi, memaparkan penyebab Kabupaten Subang kembali berada di level 3 karena masyarakat yang sudah mulai abai terhadap pandemi dan enggan untuk vaksinasi, banyak nya masyarakat yang sudah mulai membuat acara yang mengundang kerumunan pun menjadi salah satu faktor penyebab peningkatan.

dr. Maxi pun memperlihatkan data terhadap peningkatan kasus pandemi di Kabupaten Subang, hingga hari Kamis 17 Februari 2022 dikonfirmasi sebanyak 197 orang yang positif, dengan total konfirmasi di Kabupaten Subang 11.654 orang, 563 orang meninggal, 10.085 orang, dan 1033 orang yang masih isolasi semenjak awal pandemi Covid-19.

Data yang terbaru tercatat bulan Januari 2022 terdapat 75 orang dan Kasus bulan Februari hingga 17 Februari 2022 terdapat konfirmasi kasus positif sebanyak 1057 orang, tentunya ini jumlah yang peningkat yang signifikan hanya dengan rentang waktu kurang dari sebulan.

Update data vaksinasi di Kabupaten Subang pun hingga tanggal 17 Februari 2022 sudah mencapai total cakupan vaksinasi 72,54%, dengan total cakupan dosis 1 83,05%, dosis 2 59,54%, dan dosis 3 2,48%.

Diharapkan dalam jangka waktu 2 minggu data vaksinasi ini dapat meningkat dan cakupan dosis 2 dapat melebihi 60%.

Polres Subang yang diwakili oleh Kabagops memberikan perintah kepada jajarannya di Polsek-polsek se Kabupaten Subang agar mengawasi dengan ketat daerahnya apabila terdapat kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan dan tidak memberikan izin sementara kepada masyarakat untuk mengadakan hiburan pada acara pernikahan maupun hajatan lainnya.

Kepolisian akan terus bekerjasama dengan pihak TNI dan Pemerintah Daerah untuk mendorong vaksinasi di Kabupaten Subang hingga ke tingkat desa di setiap kecamatan demi kebaikan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Asisten Daerah 1 bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Rahmat Effendi mengatakan akan terus memantau dan berkoordinasi dengan setiap Kecamatan maupun puskesmas bahkan rumah sakit terhadap perkembangan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Subang, dan meminta kepada jajaran Dinas Pendidikan untuk mempertimbangkan peniadaan sementara PTM selama 2 minggu.

Kondisi seperti ini tentu tidak diharapkan bagi siapapun dan kondisi ini mengharuskan kita untuk benar-benar lebih memperhatikan lagi akan pandemi Covid-19 dengan kesadaran vaksinasi dan kesadaran patuh protokol kesehatan dan tidak berkerumun.

Arahan selanjutnya akan ada di setiap briefing mingguan tergantung perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Subang.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Asda 1, Asda 2, Kepala RSUD Kabupaten Subang, Kepala BPBD, perwakilan dari kejaksaan negeri, perwakilan dari Kemenag Subang, staff ahli, dan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Subang.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button