Jawara Riksa

SEKDA HADIRI PENCANANGAN KAMPUNG SIAGA BENCANA OLEH KEMENTERIAN SOSIAL

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si menghadiri kegiatan pencanangan kampung siaga bencana oleh Kementerian Sosial di Lapangan Kecamatan Kasomalang, Kamis 17 Februari 2022

Program Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah program Kementerian Sosial RI dibawah Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam. Program tersebut dirancang untuk memberikan perlindungan sosial kebencanaan di masyarakat terutama wilayah rawan bencana, program ini dimaksudkan untuk mempersiapkan masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana agar siap siaga menghadapi bencana yang mungkin datang kapan saja. Mereka dibekali dengan kemampuan pertolongan pertama, evakuasi, pendirian shelter, penyiapan logistik, dapur umum dan sebagainya.

Kang Asep menyampaikan, Kabupaten Subang dikaruniai oleh Allah SWT kondisi alam yang lengkap mulai dari pegunungan, dataran, dan pantai. Dibalik lengkapnya kondisi alam itu ternyata menyimpan potensi kebencanaan di mana wilayah selatan berpotensi longsor dan pergerakan tanah, wilayah dataran angin puting beliung, wilayah pesisir banjir dan rob.
“Di luar bencana alam masih ada bencana non alam yang saat ini belum selesai juga yaitu Covid-19.” Tutur Kang Asep

Kang Asep menyampaikan Pemerintah Kabupaten Subang berterima kasih kepada Kemensos RI dan Komisi VIII DPR RI yang telah menginisiasi adanya pelatihan kawasan siaga bencana di Kabupaten Subang, dengan kesiapsiagaan masyarakat terhadap terjadinya bencana akan mengurangi korban seminimal mungkin. Dan juga telah menghadirkan lumbung sosial di kecamatan karena dengan adanya lumbung sosial di kecamatan akan memudahkan dan mendekatkan distribusi bantuan kepada korban terdampak bencana.

Dalam kegiatan tersebut, Dirjen Linjamsos Kemensos RI Pepen Nazaruddin mengatakan Indonesia adalah negara yang rawan bencana. Untuk itu, masyarakat harus tampil terdepan dalam meminimalisir bencana, dan masyarakat pula yang pertama merespon terjadinya bencana, maka dari itu diperlukan pelatihan kawasan siaga bencana kepada TAGANA baik tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut anggota DPR RI Komisi VIII KH. Maman Immanulhaq memimpin apel singkat sekaligus mengukuhkan TAGANA KSB kecamatan Kasomalang dan juga Kecamatan Pamanukan, diharapkan dengan adanya TAGANA KSB kecamatan ini dapat menjadi garda terdepan untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam di daerahnya.

Dalam acara tersebut turut hadir pula perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang, Camat dan unsur Muspika beserta Kades di Kecamatan Kasomalang, para anggota Tagana, SDM PKH, TKSK, dan juga para peserta pelatihan kawasan siaga bencana.

Tinggalkan Balasan

Back to top button