Jawara Niaga

Penghasilan Bumdes naik 3 kali lipat, Sekda Subang Apresiasi sakoladesa.id

Kamis, 17 Februari 2022, bertempat di Gedong Sinder, Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, sakoladesa.id melaksanakan kegiatan Assessment Badan Usaha Milik Desa, se-Kecamatan Kasomalang.

Kegiatan Assessment tersebut dihadiri oleh Perwakilan Bumdes se-Kecamatan Kasomalang, serta perwakilan Sekretaris Desa dari beberapa Desa di Kecamatan Kasomalang, dan bertujuan untuk memperkuat data yang dimiliki oleh sakoladesa.id tentang potensi serta SDM di masing-masing Bumdes, sebelum nantinya diberikan pelatihan dan program peningkatan kapasitas.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk tindaklanjut dari kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kab. Subang, yang telah dilaksanakan sejak bulan Juli s.d Desember tahun 2021 lalu.

Pada tahun 2022 ini, sakoladesa.id melanjutkan Program Pelatihan, dengan sasaran diperluas, menjadi Desa-desa se Kecamatan Kasomalang. Pada acara tersebut, tampak hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos, M.Si, serta anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kab. Subang, Ahmad Bukhori, S.Pd, M.Si. “Pada kunjungan ke Desa Pasanggrahan, Pak Bupati melihat kegiatan tim sakoladesa.id di sana, dan beliau sangat senang, sampai-sampai sakoladesa.id diundang ke rumah dinas dan diminta untuk bekerjasama dalam mengembangkan Bumdes, UMKM dan Desa Wisata. Alhamdulillah hari ini terus dilakukan tindaklanjut dari kerjasama tersebut.” Sambut Asep Nuroni pada pembukaan kegiatan Assessment tersebut.

Bezie Galih Manggala, selaku founder sakoladesa.id, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan assessment hari ini adalah untuk dijadikan acuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan yang akan dilaksanakan selama 1 tahun ke depan. “Ini agenda pendampingan yang akan kami laksanakan dalam 1 tahun ini, alhamdulillah pasca pendampingan selama 6 bulan kemarin, Bumdes Pasanggrahan telah mengalami penguatan dan peningkatan kapasitas SDM serta peningkatan penghasilan salah satu daya tarik wisata hingga 3 kali lipat. Insya Allah prestasi ini akan diikuti oleh Bumdes-bumdes lain yang akan kami dampingi di kecamatan Kasomalang.” Tutur Bezie saat melaporkan hasil dari kegiatan pendampingan sebelumnya.

Pada saat yang sama, Pengurus Bumdes Pasga Mandala Desa Pasanggrahan, mengkonfirmasi keberhasilan program Pendampingan sakoladesa.id. “Naik 3 kali lipat Pak,” tutur Ibah, Kepala Unit Pariwisata Bumdes Pasanggrahan. “Kegiatan hari ini sangat kami apresiasi, dan akan kami laporkan langsung ke Pak Bupati hari ini.” Tutup Asep Nuroni.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button