Rilis Jawara

Desa Pamanukan Masuk Program Desa Cantik BPS Jawa Barat Tahun 2021

Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa kang Jimat menerima kunjungan Kepala BPS Subang Muhammad Sholihin beserta Jajaran terkait laporan tentang terpilihnya desa pamanukan sebagai Desa cinta Statistik Kabupaten Subang oleh BPS Jawa Barat. Adapun pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati, Rabu (9/6/2021)

Desa merupakan aparat pemerintahan terdekat bagi masyarakat. Sebagai aparat pemerintahan berbagai kebijakan dan pembangunan yang dilakukan di suatu desa harus mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi. Oleh karena itu desa harus memiliki data yang lengkap dan akurat mengenai berbagai permasalahan yang ada di desanya, sehingga program-program yang ditawarkan oleh pemerintahan desa menjadi tepat sasaran.

Dalam menyediakan data secara lengkap dan akurat, aparatur desa harus dibekali dengan pemahaman statistik yang baik, untuk itu Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi penyedia data-data statistik telah meluncurkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) untuk membina, membangun, dan meningkatkan kompetensi aparatur desa agar mampu memahami tentang statistik.

Menurut Muhammad Sholihin seiring dengan program desa Cantik, saat ini BPS juga sedang melaksanakan kegiatan Pendataan Potensi Desa yang merupakan pendataan terhadap ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa/ kelurahan, kecamatan dan kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. Pendataan ini dilakukan guna mendukung penyediaan Indeks Kesulitan Geografis (IKG), yang digunakan sebagai salah satu variabel alokator Dana Desa setiap tahunnya.

Selain itu, untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia, dalam waktu dekat BPS akan menyelenggarakan kelanjutan dari Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yaitu Sensus Sampel atau lebih dikenal dengan Long Form SP2020. Kegiatan ini juga melibatkan Disdukcapil Kabupaten Subang yang diantaranya akan mengangkat data kelahiran, kematian, migrasi, perumahan dan lainnya. “Untuk 1 Blok Sensus terpilih akan ada 16 Rumah Tangga sampel yang akan didata dengan 83 pertanyaan” ujar Muhammad sholihin. Kegiatan Long Form SP2020 di Kabupaten Subang melibatkan 241 petugas yang akan dilatih mulai tanggal 27 Juli 2021 dan terbagi ke dalam 3 gelombang pelatihan.
Adapun desa-desa yang masuk dalam Program Desa Cantik Tambahan di Provinsi Jawa Barat tahun 2021 yaitu
1. Desa Pamanukan Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang
2. Desa Panjalu kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis
3. Desa Banyuresmi Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut
4. Desa Cipancuh Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu
5. Desa Bungursari Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta
6. Desa Cicantayan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi
7. Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor
8. Desa Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan
9. Desa Nanggerang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya
10. Kelurahan Katulampa Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor
Sementara itu dalam kesempatan tersebut Kang Jimat memberikan apresiasinya kepada BPS Subang yang telah secara konsisten mengawal penerapan program Desa Cantik dari BPS Jawa Barat dan kegiatan statistik lainnya di kabupaten Subang. Kang Jimat mengatakan bahwa hasil kegiatan-kegiatan ini akan menjadi data dasar bagi pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Subang terutama perihal data penerima bantuan.
Kang Jimat menyatakan dukungannya atas pelaksanaan berbagai kegiatan BPS dan berharap agar bersama-sama mensukseskan kegiatan -kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan data yang dinamis.
Hadir pula dalam kesempatan tersebut Plt. Asda I Tatang Supriyatna, S.IP., M.I.Pol beserta jajaran BPS Subang.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button