TPP-KK

Ketua PKK Kabupaten Subang Ikuti Webinar Aktualisasi Peran Posyandu

Sekretariat PKK Kabupaten Subang mengikuti webinar Zoom Meeting Pengelolaan Posyandu dengan tema ” Aktualisasi Peran Posyandu Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera ” di Kantor Sekretariat PKK Kabupaten Subang, Senin (31/05/2021) pagi tadi.

Dalam kegiatan tersebut menurut Dr. Yusharto Huntoyungo selaku Dirjen Bina Pemerintahan Desa mengatakan bahwa dalam rangka menuju masyarakat adil dan makmur, pembangunan disegala bidang terus dilakukan oleh pemerintah secara berkesinambungan. Pembangunan bidang kesehatan yang merupakan salah satu bagian integral dari pembangunan nasional yang secara keseluruhan perlu terus diupayakan dan ditingkatkan. Pembangunan dibidang kesehatan memiliki arti yang penting dalam kehidupan nasional, khususnya di dalam memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan. Untuk mencapai keberhasilan tersebut erat kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai modal dasar pembangunan nasional.

Sementara itu menurut Plt. Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Dr. Lalu Makripudin memaparkan bahwa Posyandu menjadi salah satu Lembaga kemasyarakatan yang potensial menjadi mitra pemerintah dalam menghadapi permasalahan bangsa misalnya dalam pencegahan dan penanganan stunting, karena stunting adalah masalah bangsa dan juga masalah global yang membutuhkan peran para pihak dalam penanganannya. Stunting mengakibatkan Sumber Daya Manusia Bangsa Indonesia menjadi tidak unggul dan tidak mampu bersaing dengan SDM negara-negara lain.

Selanjutnya menurut beliau, Pemerintah menetapkan Strategi Nasional untuk mencapai penurunan prevalensi stunting yang pada tahun 2020 sebesar 24,1% menjadi sebesar 14% pada tahun 2024.Β  Untuk mewujudkan target tersebut diperlukan strategi dengan memanfaatkan potensi bangsa serta integrasi program (gotong royong). Pos pelayanan terpadu sebagai wadah titik temu antara pelayanan profesional dari petugas kesehatan dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan, terutama dalam upaya percepatan penurunan angka stunting penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

Menanggapi hal tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menyampaikan akan menindaklanjuti terkait hal yang disampaikan dalam zoom meeting tadi.
“Setelah kegiatan zoom meeting tersebut akan kami tindak lanjuti kembali, dalam rangka meningkatkan pelayanan posyandu di Kabupaten Subang, maka hasilnya akan kami laksanakan rakor pokjanal posyandu.” ujarnya.
Selain itu menurut Hj. Yoyoh Sopiah akan langsung berkoordinasi dengan beberapa Pokja yang terkait untuk mensukseskan program tersebut.
Jumlah posyandu di Kabupaten Subang seluruhnya sebanyak 1906 posyandu tersebar di 245 Desa dan 8 Kelurahan di 30 Kecamatan Se Kabupaten Subang. Sementara itu dengan adanya pelayanan posyandu diharapkan untuk dapat mencegah / menurunkan angka stunting. Di Kabupaten Subang sendiri sudah 100% ODF (Open Defecation Free) atau bisa disebut tidak buang air besar sembarangan.” Ujar Hj. Yoyoh Sopiah.
Dalam kegiatan tersebut turut hadir perwakilan pengurus TP PKK Kabupaten Subang terdiri dari sekretaris PKK, Pokja I, Pokja II, Pokja III dan pokja IV.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× kontak kami ?